Sunday, November 23, 2008

Kiat Memilih Laptop

JAKARTA – Laptop atau komputer jinjing sudah jadi kebutuhan sehari-hari para profesional bahkan juga mahasiswa. Dalam pembelian laptop, kita sering sekali terpukau dengan harga yang diberikan yang semakin murah.
Ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli sebuah notebook, yakni kecepatan prosesor, ukuran laptop, VGA Card, kelengkapan multimedia, kelengkapan fitur jaringan, cangkang atau cassing, harddisk, memory, dan perangkat lunaknya. Dan tidak berarti murah itu mutunya baik.
Contohnya banyak sekali toko, vendor yang menawarkan laptop dengan harga murah, dengan prosesor celeron, centrino 740,730, dan centrino duo. Berdasarkan spesifikasi urutan kecepatan, dapat diurutkan celeron yang mempunyai kecepatan dan kinerja yang terendah dibandingkan dengan prosesor pentium 4 yang lain.
Biarpun kecepatan yang ditawarkan tinggi, misalnya celeron 2 gigahertz, tetap jauh bedanya dengan pentium 4 2 gigahertz, karena cache memory yang terdapat di dalam celeron kecil berkisar 128 sampai 512 kb, mungkin prosesor pentium 3 dengan kecepatan 1,2 gigahertz atau sering juga di sebut dengan Tualatin dapat menyamai atau menandingi celeron ini. Karena ini celeron ditawarkan dengan harga sangat murah.
Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa Celeron tidak kalah dibandingkan dengan Pentium 4 jika di-overclock, tetapi perlu diingat, bahwa overclock meningkatkan panas prosesor, yang mengakibatkan umur prosesor lebih pendek, dan kerusakan yang terjadi dalam laptop lebih susah ditangani dari PC biasa.
Kode chip untuk prosessor ini adalah 450, 440, 430, 423, 420, 410, 390, 383, 380, 373, 370, 360J, 360, 353, 350J, 350, 340, 333, 330, 320, 310
Pentium 4 mempunyai kecepatan yang lebih tinggi hingga mencapai 1 mega sehingga dapat digunakan untuk multithreading (mengakses lebih dari satu operasi) Kelemahan prosesor ini hanya tidak menyokong wireless connection. Masalah ini bisa diatasi dengan melengkapi wireless connection card yang harganya relatif murah. Kode Prosessor 552, 548, 538, 532, 518.
Centrino Duo adalah yang tercepat di pasaran saat ini. Dari nama dapat disimpulkan bahwa dalam prosesor ini terdapat 2 prosesor centrino solo. Ini artinya kecepatan yang ditawarkan pun dua kali kecepatan centrino. Harganya pun mulai murah karena biaya pembuatan lebih murah dibandingkan membuat dua prosesor.
Cache memory-nya pun sangat besar, yaitu 4 mega. Kelebihan lain adalah mendukung operasi 64 bit di mana sangat cocok untuk menjalankan Windows Vista yang merupakan versi terbaru dari Windows.Versi Windows Vista beta telah diluncurkan oleh Microsoft dan masih gratis. Prosesor yang setaraf Centrino Duo adalah AMD Turion 64 x 2. Kode Prosessor : E6700,E6600, E6400,E6300.
Besar laptop untuk penggunaan pribadi dimana seseorang lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan ukuran 10,11,12,14 lebih cocok. Ukuran kecil yang praktis dan mudah dibawa, tetapi harga yang ditawarkan lebih mahal. Untuk penggunaan sebagai pengganti PC/ Desktop sebaiknya menggunakan notebook 15 inch. dan harga yang ditawarkan relatif terjangkau.
Karena laptop merupakan perangkat kerja lapangan, cangkang merupakan hal yang utama.. Laptop murah sering ditawarkan dengan cangkang yang buruk, sehingga setelah beberapa kali pemakaian akan retak dan rusak. Pilihkan cangkang yang mempunyai campuran alloy/ logam, titanium, atau yang berbahan ebonit bercampur serat logam, sehingga dapat tahan benturan. Notebook adalah investasi jangka panjang, jika dalam pemakaian 2-3 bulan sudah bermasalah, cangkang pecah, tentu akan sangat merugikan Anda.
Kelengkapan fitur jaringan laptop yang baik minimal mempunyai lebih dari satu USB dan support dengan USB 2.0, bluetooth, infrared, RJ-45, modem, LCD display out, TV Out.
Banyak sekali laptop yang ditawarkan, tetapi fitur modem yang tersedia port saja, dalam arti anda harus membeli modem, perangkat modem tambahan agar dapat terkoneksi internet. Ada beberapa vendor yang tidak menyediakan driver modem-nya, sehingga membutuhkan inovasi atau kesabaran mencari driver pengganti di internet.
Bagian penting terakhir adalah perangkat lunak sistem operasi . Gunakan software yang terpercaya, seperti antivirus, sistem operasi. Mayoritas pemakai menggunakan Microsoft Windows XP, tidak ada salahnya menggunakan Windows XP original, karena harga yang ditawarkan untuk XP ini relatif murah, sekitar Rp 385.000.

0 comments: